3 Alasan Penyalahgunaan Kendaraan dapat Merugikan Perusahaan Anda

5 Jul 2021

Setiap kendaraan dan peralatan armada mewakili investasi besar perusahaan, khususnya yang mengandalkan armada untuk menjalankan bisnisnya. Karena itu, penting bahwa karyawan Anda turut menjaga aset penting tersebut. Karyawan harus bertanggung jawab menggunakan aset dengan baik untuk kepentingan bisnis perusahaan, bukan untuk kepentingan pribadi atau pekerjaan sampingan. Penyalahgunaan kendaraan ini tentunya akan merugikan perusahaan Anda, terlebih jika dilakukan secara konsisten. Berikut ini 3 alasannya.

1. Mempercepat Keausan Kendaraan dan Menurunkan Produktivitas

Penyalahgunaan meningkatkan jarak tempuh ban dan jam operasional mesin lebih dari yang seharusnya. Hal ini akan menyebabkan bagian-bagian kendaraan aus lebih cepat, serta meningkatkan risiko terjadinya masalah pada kendaraan saat justru sedang digunakan untuk menyelesaikan pekerjaan resmi. Akibatnya, perusahaan mengalami kerugian karena harus mengeluarkan biaya lebih untuk penggantian onderdil dan ban lebih cepat, menunda penyelesaian pekerjaan, serta kehilangan waktu kerja untuk perbaikan kendaraan yang tak direncanakan.

2. Membebani Perusahaan dengan Tanggung Jawab di Luar Bisnis

Setiap kali karyawan menyalahgunakan kendaraan untuk pekerjaan sampingan, karyawan menempatkan kendaraan dan perusahaan pada risiko yang tidak semestinya. Akan ada kemungkinan terjadi kecelakaan, kehilangan kendaraan, pelanggaran mengemudi di jalan, kelebihan muatan akibat penyelundupan barang, dan lain-lain saat karyawan menyalahgunakan kendaraan. Meskipun Anda tidak mengizinkan atau mengetahuinya, perusahaan Anda kemungkinan masih akan dimintai pertanggungjawaban dan harus menyelesaikan urusan tersebut. Perusahaan Anda mungkin juga akan kesulitan mengklaim asuransi kendaraan karena kecelakaan atau kehilangan kendaraan terjadi di luar pekerjaan.

3. Merusak Reputasi Perusahaan

Ada reputasi perusahaan tersemat pada kendaraan dan pengemudi, khususnya jika Anda memasang identitas perusahaan seperti logo, nama perusahaan, dan nomor kontak pada kendaraan. Jika karyawan Anda menyalahgunakan kendaraan dengan meminjamkan kepada oknum yang mengemudi ugal-ugalan atau berperilaku moral tidak bertanggung jawab, tentunya itu akan merusak reputasi perusahaan Anda. Apabila terjadi kecelakaan di jalan, masyarakat akan melihat nama dan logo perusahaan yang ada pada kendaraan. Tidak ada yang peduli jika itu ulah oknum yang tak berkaitan dengan perusahaan atau karyawan yang menyalahgunakan kendaraan untuk mengangkut barang ilegal.

 

Bagaimana Anda dapat mencegah—atau setidaknya mengurangi secara signifikan—penggunaan kendaraan tidak sah? Sistem manajemen armada Cartrack solusinya. Teknologi ini memberikan Anda visibilitas komprehensif, yang memungkinkan Anda memantau lokasi real-time kendaraan 24/7 dan mengetahui saat kendaraan digunakan di waktu yang tak seharusnya. Anda juga bisa mendapatkan laporan otomatis dan pemutar ulang rute, yang memperlihatkan riwayat trip kendaraan untuk memeriksa apakah ada penyalahgunaan kendaraan. Dengan Cartrack, Anda akan lebih mudah menegakkan kebijakan penggunaan kendaraan dengan didukung oleh data pelacakan yang akurat. Mulai kelola armada perusahaan Anda dengan Cartrack, hubungi kami di sini dan dapatkan DEMO GRATIS!

Secondary Navigation: 
Facebook

Timur Tengah

Amerika