4 Manfaat Sensor Pintu Kargo untuk Fleet Management Perusahaan di Indonesia

11 Sep 2020

Tidak adanya fleet management system yang mampu melacak aktivitas armadanya di jalan menyebabkan inefisiensi operasi dan kerugian bisnis bagi banyak perusahaan di Indonesia yang mengandalkan armada kendaraan. Bagi Anda yang memiliki armada kendaraan dengan kargo, seperti truk atau van, GPS tracker dengan sensor pintu akan sangat berguna untuk fleet management perusahaan Anda di Indonesia.

 

1. Melacak Pencurian Barang dan Penyalahgunaan Kargo

Sensor pintu yang terhubung dengan GPS tracker dapat memberi informasi tanggal, jam, durasi, lokasi, dan geofence dari aktivitas buka-tutup pintu. Dengan demikian, Anda dapat melacak apakah pintu kargo kendaraan dibuka di tempat tujuan pengiriman atau tidak. Pintu kargo dibuka di tempat yang tidak seharusnya dapat menandakan adanya pencurian barang atau penyalahgunaan kargo kendaraan untuk pengiriman sampingan (penyelundupan). Banyak-sedikitnya muatan yang diturunkan dapat Anda perkirakan dari durasi pintu dibuka. Jika pintu kargo terbuka saat kendaraan berjalan, manajer armada dapat segera menghubungi pengemudi untuk memeriksa apakah pintu tidak tertutup sempurna atau ada tindakan pencurian kargo di jalan, seperti kasus ‘bajing loncat’ yang masih banyak terjadi di Indonesia.

2. Menjaga Kesegaran Produk dalam Kargo Pendingin

Aktivitas buka-tutup pintu kargo dengan pendingin, yang biasa digunakan dalam pengiriman makanan dan minuman, dapat memengaruhi suhu. Demi menjaga kesegaran produk dalam kargo pendingin, selain memasang sensor suhu Anda juga perlu memasang sensor pintu kargo. Notifikasi dapat dikirim setiap kali pintu dibuka dan ditutup untuk memastikan kargo pendingin tidak dibuka terlalu lama, yang dapat menyebabkan perubahan suhu, pemborosan energi, dan penurunan kualitas produk dalam pendingin.

3. Meminimalkan Biaya Kerugian dalam Pengiriman

Dengan mengurangi risiko pencurian barang, penyalahgunaan kargo, pemborosan energi, dan kerusakan produk dalam pendingin seperti yang dijelaskan di atas, maka Anda dapat meminimalkan biaya kerugian pengiriman. Jika satu kendaraan yang menggunakan GPS tracker dengan sensor pintu sudah berdampak signifikan, maka Anda bisa memperhitungkan betapa besarnya pengembalian investasi yang Anda dapatkan jika seluruh kendaraan berkargo Anda menggunakan sistem pemantauan ini. Tentunya hal ini dicapai tidak hanya dari penggunaan sensor pintu kargo, tetapi juga pengawasan yang baik dari manajer armada.

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

GPS tracker dengan sensor pintu kargo memastikan keandalan layanan pengiriman armada perusahaan Anda. Sensor pintu kargo dapat memberikan peringatan real-time saat pintu dibuka dan/atau ditutup, memungkinkan Anda melakukan tindakan cepat saat terjadi hal yang tidak benar atau mencurigakan pada kargo biasa ataupun berpendingin. Dengan demikian, kesegaran produk makanan-minuman yang dikirim terjaga baik dan jumlah produk yang diterima pelanggan sesuai pesanan, sehingga nilai produk dan layanan Anda meningkat. Bisnis pelanggan Anda pun lancar dengan pasokan tetap aman karena jumlah yang dikirim sesuai pesanan―tidak ada barang hilang atau produk makanan-minuman yang rusak. Kepuasan dan kepercayaan pelanggan terhadap layanan meningkat, demikian pula pada citra dan profit perusahaan Anda.

 

Tingkatkan fleet management perusahaan Anda di Indonesia―percayakan pemantauan armada kendaraan kargo Anda pada Cartrack! Perangkat GPS tracker dengan sensor pintu kargo Cartrack memberikan nilai tambah untuk layanan armada perusahaan Anda di Indonesia. Anda juga dapat mengatur untuk menerima notifikasi real-time setiap pintu kargo dibuka dan/atau ditutup, pada semua atau beberapa kendaraan tertentu, di hari dan rentang waktu yang Anda inginkan melalui Fleet Web Cartrack. Kontak kami sekarang dan dapatkan LIVE DEMO GRATIS!

Secondary Navigation: 
 
 
Facebook

Timur Tengah

Amerika