4 Strategi Tingkatkan Efisiensi Bahan Bakar Armada Kendaraan hingga 3X Lipat

4 Jul 2020

Bahan bakar merupakan salah satu pengeluaran operasional terbesar dari perusahaan yang mengandalkan armada kendaraan untuk menjalankan bisnisnya. Karena itulah, efisiensi bahan bakar menjadi sangat krusial untuk mengoptimalkan keuntungan bisnis. Untuk mengetahui seberapa efisien konsumsi bahan bakar armada kendaraan, Anda memerlukan fleet management system berbasis GPS tracking. Teknologi Cartrack menawarkan solusi efisiensi BBM dengan pengembalian investasi (ROI) hingga 3X lipat! Berikut ini caranya.

1. Pemantauan Efisiensi Bahan Bakar Kendaraan

Cartrack GPS Tracker memampukan Anda untuk mengetahui bagaimana kendaraan Anda digunakan dalam operasi sehari-hari. Salah satu yang berkaitan dengan konsumsi bahan bakar adalah aktivitas di mana mesin menyala lama dalam posisi kendaraan berhenti (idling). Perangkat GPS Cartrack akan mengirimkan notifikasi saat mendeteksi kendaraan idling selama minimal 15 menit. Durasi toleransi idling yang berbedadapat Anda minta secara khusus kepada tim Cartrack.

Cartrack GPS Tracker juga mendeteksi jika pengemudi mengebut, baik melampaui batas kecepatan jalan yang dilalui maupun batas kecepatan yang manajer armada tentukan. Konsumsi bahan bakar akan meningkat tajam pada kecepatan di atas 80 km/jam. Karena itu, penting untuk Anda memperbaiki perilaku pengemudi yang terbiasa mengebut. Dengan mengurangi kecepatan 8-16 km/jam, kendaraan dapat lebih hemat bahan bakar 7-14%.

2. Analisis Data dan Laporan Bahan Bakar

Sensor pemantauan bahan bakar pada Cartrack GPS Tracker memungkinkan Anda melihat status tangki bahan bakar seluruh kendaraan Anda kapan pun. Anda juga akan mendapatkan analisis data dari Laporan Pengisian Bahan Bakar, Laporan Efisiensi Bahan Bakar, dan Laporan Grafik Konsumsi Bahan Bakar. Dari laporan-laporan ini, Anda dapat melacak pencurian bahan bakar dan mengonfirmasi klaim pembelian bahan bakar. Tak hanya itu, jika Anda juga menambahkan fitur MiFLEET, sistem Cartrack akan membantu memverifikasi struk pembelian bahan bakar secara otomatis.

3. Perencanaan Rute yang Efisien

Dari riwayat perjalanan kendaraan, Anda dapat memilih rute paling efisien melalui Fleet Web Cartrack. Anda juga bisa mengatur notifikasi otomatis terkait progres penyelesaian rute, antara lain rute dimulai, rute diakhiri, menyimpang dari rute, rute dibatalkan karena menyimpang terlalu jauh, dan progres rute lambat. Jika rute tersebut dilalui sehari-hari, Anda dapat mengatur perulangannya untuk setiap periode tertentu. Dengan merencanakan rute yang efisien dan memastikan tidak terjadi penyimpangan terlalu jauh, perjalanan kendaraan Anda pun jadi lebih efisien bahan bakar.

4. Penjadwalan Servis Kendaraan

Kondisi kendaraan akibat perawatan yang buruk menjadi salah satu faktor konsumsi bahan bakar meningkat, misalnya ban aus atau kempes, filter udara tersumbat, dan oli mesin berkualitas rendah. Dengan fungsi Reminders pada Fleet Web Cartrack, memastikan kondisi kendaraan tetap sehat jadi lebih mudah, khususnya bagi Anda yang memiliki armada berkapasitas besar. Anda dapat mengatur jadwal servis kendaraan secara otomatis berdasarkan km (data terhubung langsung dengan pembacaan odometer Cartrack GPS Tracker), periode, dan durasi operasional.

Pastikan konsumsi bahan bakar armada kendaraan perusahaan Anda tetap efisien dengan solusi BBM dari Cartrack. Mulai aplikasikan Cartrack pada armada Anda sekarang juga dan dapatkan DEMO GRATIS untuk melihat bagaimana solusi BBM Cartrack bekerja!

Secondary Navigation: 

Timur Tengah

Amerika