Digitalisasi Manajemen Armada Tidak Mengurangi Pentingnya Peran Pekerja

5 Apr 2021

Anda pemilik atau pengelola armada dan berencana untuk menjadi bagian dari revolusi digital? Mulailah dengan digitalisasi manajemen armada Anda, yakni melalui pengimplementasian fleet management system berbasis GPS tracking. Pergerakan kendaraan dapat dipantau secara digital, termasuk pula penugasan pengemudi. Meski pengelolaan armada Anda telah beralih ke sistem digital, namun hal ini tidak mengurangi pentingnya peran manajer armada, pengemudi, pegawai administrasi, dan semua SDM yang terkait dengan pengelolaan armada.

Penugasan Pengemudi

Digitalisasi penugasan pengemudi mengacu pada sistem penugasan yang serbadigital, misalnya dengan fitur Communicator Cartrack. Manajer armada membuat tugas secara terperinci dari fleet management software dan mendelegasikannya kepada pengemudi, yang akan menerima dan mengirimkan bukti penyelesaian dari aplikasi mobile Communicator. Pembuatan tugas, pengontrolan stok, pengaturan biaya layanan, penugasan, penerimaan tugas, pemantauan progres, hingga pengiriman foto dan tanda tangan bukti penyelesaian dilakukan melalui platform digital. Digitalisasi ini membantu manajer armada dan pengemudi bekerja lebih efisien, dengan rekam jejak digital yang dapat dilacak.

Pemantauan Kinerja Operasional

Fleet management software memiliki Kecerdasan Buatan (AI) yang dapat menilai pengemudi Anda. Laporan Skor Pengemudi yang disediakan Fleet Web Cartrack secara otomatis, misalnya. Laporan ini memberikan skor berdasarkan perilaku mengemudi masing-masing sopir Anda. Selain itu, GPS tracker juga dapat mengirimkan peringatan beberapa parameter pemantauan yang penting bagi Anda selama pengoperasian kendaraan. Semua data dan peringatan yang tersedia memberikan wawasan dan kemudahan bagi manajer armada untuk melakukan tindak lanjut demi kemajuan armada.

Pengelolaan Administrasi Armada

Melalui automasi, fleet management system meringankan beban pekerjaan administrasi, khususnya yang bersifat repetisi. Beberapa di antaranya, yaitu automasi penjadwalan pemeliharaan kendaraan, yang dapat diatur berdasarkan tanggal, durasi operasional, ataupun kilometer. Pengingat dapat diatur beberapa waktu atau kilometer sebelumnya. Jadwal-jadwal lain terkait administrasi armada, seperti perpanjangan STNK dan SIM pengemudi juga dapat diautomasi.

Selain itu, jika Anda menggunakan fitur Mi-Fleet dari Cartrack, Anda juga dapat memverifikasi kuitansi pengisian bahan bakar secara otomatis. Baik laporan operasional maupun keuangan armada juga tersedia otomatis berdasarkan data yang terekam GPS tracker dan yang Anda input di Fleet Web Cartrack. Digitalisasi menjadikan pekerjaan administrasi lebih efisien, namun SDM terkait perlu memastikan semua pekerjaan dieksekusi dengan baik dan tepat waktu.

 

Digitalisasi manajemen armada memudahkan Anda dan para pekerja Anda untuk bekerja lebih efisien dan produktif. Sistem ini merupakan alat, yang tentunya membutuhkan peran SDM untuk memanfaatkannya secara maksimal demi kemajuan bisnis armada Anda. Ingin memulai digitalisasi manajemen armada Anda? Hubungi kami sekarang dan dapatkan LIVE DEMO fleet management system Cartrack, gratis!

Secondary Navigation: 

Timur Tengah

Amerika