- Solusi
- Perusahaan
- Tentang KamiCartrack menawarkan solusi intelektual yang menjamin optimasi armada dan tenaga kerja, seberapa besar ataupun kecil bisnis Anda
- Hubungan InvestorCartrack memiliki riwayat konversi dan penghasilan arus kas yang kuat, leverage keuangan rendah, dan dividen besar
- KarierPortal karier. Lihat semua lowongan kerja terkini dan kesempatan yang tersedia di Cartrack
- Informasi
- Hubungi Kami
- English
- Masuk
Bagaimana Cara Meningkatkan Kualitas Layanan Pelanggan dengan Sistem Manajemen Armada yang Tepat
---- 2023/11/10 ---
Layanan Pelanggan atau Customer Service adalah bagian penting dari kesuksesan bisnis manapun. Layanan Pelanggan berperan dalam menjaga profitabilitas, reputasi, dan loyalitas pelanggan.
Penasaran bagaimana armadamu dapat memprioritaskan dan memaksimalkan layanan pelanggan? Baca artikel ini sampai habis ya!
Apa Itu Layanan Pelanggan?
Layanan pelanggan adalah interaksi langsung, satu lawan satu, antara pelanggan, perusahaan, dan produk/layanan mereka.
Kita semua pasti pernah mendapatkan layanan pelanggan yang baik atau buruk. Pengalaman layanan pelanggan yang baik selalu membuat kita merasa puas, sedangkan pelayanan pelanggan yang buruk tidak jarang meninggalkan kesan yang tidak baik.
Inilah mengapa layanan pelanggan memainkan peran yang sangat penting dalam kesuksesan bisnis. Fokus layanan pelanggan adalah memberikan dukungan, bantuan, dan kepuasan kepada pelanggan dengan menjawab pertanyaan dan memecahkan masalah mereka.
Mengapa Layanan Pelanggan Penting untuk Kesuksesan Armadamu?
- Mendorong Retensi Pelanggan dan Loyalitas
Retensi pelanggan adalah kemampuan bisnis untuk menjaga pelanggan yang sudah ada tetap setia pada bisnisnya. Oleh karena itu, retensi pelanggan memainkan peran penting dalam kesuksesan dan keberlanjutan bisnis. Perlu kita sadari, layanan pelanggan yang buruk dapat menjadi salah satu alasan utama pelanggan meninggalkan perusahaan. Studi menunjukkan bahwa hanya dibutuhkan satu interaksi negatif atau satu kesalahan untuk membuat pelanggan beralih ke merek pesaing.
Pada tahun 2022, Emplifi, platform layanan pelanggan terkemuka, merilis laporan berjudul "11 Hal Utama yang Diharapkan Konsumen dari Pengalaman Merek Mereka". Laporan ini menunjukkan bahwa 86% konsumen akan meninggalkan merek yang mereka percayai setelah mengalami hanya dua pengalaman pelanggan yang buruk.
- Mendorong Advokasi Pelanggan
Di dunia di mana word-of-mouth adalah alat pemasaran yang paling efektif, obrolan atau ulasan pelanggan bisa membantu kamu mendapatkan atau justru kehilangan pelanggan potensial lainnya. Advokasi pelanggan adalah ketika pelanggan kamu menyebarkan obrolan positif tentang produk, layanan, atau bisnismu.
Pelanggan yang setia memberikan pondasi yang stabil, sementara ulasan positif dan referensi mereka berkontribusi pada akuisisi pelanggan baru. Jika kamu memberikan pelayanan buruk kepada pelanggan, kemungkinan mereka akan membagikannya kepada orang lain. Meskipun ulasan negatif adalah kenyataan yang tak terhindarkan, kamu seharusnya tidak memberi alasan kepada orang lain untuk menulis ulasan tersebut karena pelayanan yang buruk. Menurut penelitian, 94% konsumen melaporkan bahwa ulasan buruk telah meyakinkan mereka untuk menghindari memakai suatu jasa, produk, atau bisnis.
- Meningkatkan Profitabilitas
Keunggulan layanan pelanggan meningkatkan profitabilitas dengan berbagai cara. Studi menunjukkan bahwa sebagian besar pelanggan akan memprioritaskan kualitas pengiriman layanan daripada harga yang terjangkau. Dengan mempromosikan loyalitas pelanggan dan advokasi, keuntungan bisnis dapat meningkat dari waktu ke waktu. Pelanggan yang berulang melakukan pembelian memberikan pendapatan yang stabil, dan mengurangi kebutuhan untuk upaya akuisisi pelanggan yang bisa cukup mahal.
Apa Itu Manajemen Armada?
Manajemen armada mengacu pada proses komprehensif untuk mengoptimalkan siklus hidup armada kendaraan. Ini mencakup semua tindakan yang diperlukan untuk menjalankan operasi armada dengan efisien sehingga menghemat uang dan menjamin keuntungan. Dengan berbagai tugas yang dirancang untuk membantu efisiensi, keamanan, dan produktivitas armada, manajemen armada merupakan bagian penting dari setiap armada yang sukses.
Bagaimana Solusi Manajemen Armada Cartrack Membantu Mencapai Keunggulan Layanan Pelanggan
Berikut adalah 4 solusi Cartrack Indonesia yang dapat membantu bisnismu meningkatkan keunggulan layanan pelanggan:
- Aplikasi Pengiriman Cartrack
Aplikasi Pengiriman Cartrack Indonesia memberi visibilitas penuh atas operasi pengiriman. Dengan sistem ini, kamu dapat menginformasikan pelanggan kapan pengiriman mereka sedang dalam perjalanan dan kapan pengiriman selesai, sehingga dapat meningkatkan kenyamanan dan komunikasi pelanggan. Kamu juga dapat lebih mudah mengalokasikan pekerjaan kepada sopir dan mengoptimalkan pekerjaan sopir dengan memberikan rekomendasi rute tercepat atau mengatur prioritas pekerjaan untuk pengiriman yang lebih efisien. Selain itu, aplikasi ini dapat membantu kamu menyusun jadwal sopir dan mengalokasikan pekerjaan pada sopir terdekat. Aplikasi Pengiriman Cartrack Indonesia dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena meminimalisir keterlambatan dan dapat menginformasikan apabila terdapat perubahan jadwal secara efektif kepada pelanggan.
- Pemantauan Suhu
Jika kamu menyediakan barang yang sensitif terhadap suhu, seperti makanan, minuman, atau produk farmasi, GPS Tracker dan IoT Cartrack Indonesia dapat membantu memantau lokasi dan kondisi suhu pada trailer berpendingin. Dengan memberikan pemberitahuan secara real-time dalam kasus fluktuasi suhu apa pun, kamu dapat berkomunikasi dengan sopir untuk menyelesaikan masalah dengan memperbaiki atau mengirimkan trailer pengganti. Hal ini membantu kamu untuk terus-menerus stabil mengirimkan barang yang segar dan sesuai. Tentunya hal ini akan berdampak positif pada layanan pelanggan Anda.
- Rencana Pemeliharaan Otomatis
Perangkat lunak manajemen armada Cartrack dapat membantu kamu membuat jadwal pemeliharaan kendaraan yang sempurna dengan otomatisasi jadwal untuk setiap kendaraan. Dengan menggunakan Perangkat lunak Cartrack, kamu akan menerima pemberitahuan secara real-time tentang masalah kendaraan, termasuk piring rem aus, kerusakan mesin, dan fluktuasi minyak dan air, sehingga memungkinkan manajer armada untuk mengatasi masalah dengan cepat dan efisien. Hal ini dapat berujung pada waktu henti yang minimal dan meningkatkan efisiensi secara keseluruhan serta meningkatkan layanan pelanggan.
- Kamera AI Live Vision
Teknologi kamera AI Live Vision kami dapat memberikan akses visual 24 jam ke kendaraan kamu. Dilengkapi dengan peringatan suara di dalam kabin, teknologi live streaming ini dapat membantu untuk segera memberi peringatan kepada sopir apabila terdapat perilaku mengemudi yang mengganggu atau berbahaya, termasuk merokok, mengemudi dengan kurang konsentrasi, lelah, penggunaan ponsel, dan menguap. Sehingga sopir bisa memperbaiki tindakan mereka secara real-time, sehingga mencegah keterlambatan dan mengurangi risiko insiden yang bisa mengganggu pengiriman dan mengakibatkan ketidakpuasan pelanggan.
Jadikan Keunggulan Layanan Pelanggan Standar Bisnismu Bersama Cartrack
Berikan bisnismu sistem manajemen armada yang efisien untuk memastikan kepuasan pelanggan. Solusi canggih dari Cartrack dapat menjaga pelanggan tetap puas. Klik link berikut untuk mempelajari lebih lanjut cara mencapai keunggulan layanan pelanggan yang lebih baik!