Sistem Manajemen Logistik Armada - Tingkatkan Rantai Pasokan dan Optimalisasi Biaya Armada

---- 2024/02/15 ---

Apa itu logistik?

Industri logistik mencakup proses komprehensif dalam mengelola transportasi, penyimpanan, dan distribusi barang secara efisien dari produksi hingga konsumsi, dan memainkan peran kritis dalam manajemen rantai pasok. Hal ini membuat industri logistik cakupannya jauh lebih luas daripada industri transportasi karena tidak hanya berfokus pada transportasi dan pengiriman barang saja.

Manajemen logistik adalah komponen yang menjaga kesatuan rantai pasok karena bekerja dengan memastikan aliran barang, layanan, dan informasi berjalan lancar ke depan dan mundur untuk memenuhi kebutuhan pelanggan secara efisien. Ini melibatkan koordinasi kendaraan untuk efisiensi optimal dan pengurangan biaya. Oleh karena itu, sektor logistik tetap menjadi bagian inti dari setiap industri.

Apa saja komponen kunci manajemen logistik?

Meskipun manajemen logistik mungkin terlihat kompleks, hal ini sangat fundamental bagi perusahaan. Komponen kunci manajemen logistik adalah:

  • Transportasi: Komponen ini dianggap sebagai komponen paling penting karena merencanakan dan mendukung distribusi barang ke tujuan akhir mereka. Ini berkaitan dengan pemilihan mode transportasi yang paling efisien dan hemat biaya untuk berbagai jenis barang dan jarak.
     
  • Perencanaan Permintaan: Perencanaan yang tepat adalah komponen utama dari rantai pasok. Perencanaan membantu menentukan semua aspek logistik, dan  mempertahankan keseimbangan antara permintaan dan pasokan.
     
  • ‍Pengelolaan Gudang dan Penyimpanan: Komponen ini berkaitan dengan menyediakan lokasi yang aman dan terpusat untuk penyimpanan barang sampai siap untuk didistribusikan. Di dunia di mana permintaan di pasar bisa tiba-tiba meningkat, perlu adanya surplus barang untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang tiba-tiba.
     
  • ‍Manajemen Persediaan: Ini melibatkan pemeriksaan tingkat persediaan secara teratur untuk memantau aliran barang masuk dan keluar dari gudang. Ini membantu bisnis memastikan mereka mempertahankan tingkat stok yang optimal untuk memenuhi permintaan pelanggan.
     
  • ‍Manajemen Armada: Manajemen armada melibatkan pengelolaan dan pemantauan kendaraan yang terlibat dalam logistik. Ini penting untuk memastikan pengiriman tepat waktu, hemat biaya, dan pemanfaatan sumber daya yang optimal, sehingga mencakup semua aktivitas yang terkait dengan akuisisi, pemeliharaan, penjadwalan, dan optimasi rute.

Apa itu logistik armada?

Logistik armada mengacu pada perencanaan, organisasi, dan koordinasi strategis armada perusahaan untuk mengangkut barang secara efisien. Elemen-elemen logistik armada meliputi:

  • Manajemen kendaraan: Elemen ini mencakup pengawasan dan koordinasi armada kendaraan untuk mengangkut barang secara efisien. Ini juga meluas ke pemantauan dan pencatatan kurir dan personel pengiriman, membantu dalam manajemen yang efisien terhadap pengemudi, bahan bakar, dan kecepatan kendaraan.
     
  • ‍Manajemen bahan bakar: Elemen ini mencakup manajemen dan pemantauan konsumsi bahan bakar untuk kendaraan armada. Dengan mengumpulkan data terkait bahan bakar, termasuk konsumsi bahan bakar, perusahaan dapat melacak dan mengelola penggunaan dan pembelian bahan bakar mereka sehingga meningkatkan penghematan biaya dan efisiensi bahan bakar armada.
     
  • Perencanaan rute: Elemen perencanaan rute berguna untuk mengoptimalkan transportasi barang dengan merencanakan rute secara strategis. Dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti jenis kendaraan, kondisi jalan, dan ketersediaan pengemudi, perencanaan rute membantu manajer armada meningkatkan efisiensi dan produktivitas, mengurangi biaya bahan bakar, dan mematuhi jendela waktu pengiriman.
     
  • ‍Manajemen pengemudi: Manajemen pengemudi melibatkan pengawasan aktivitas pengemudi, yang sangat penting untuk pengiriman barang. Ini membantu manajer armada menemukan perilaku pengemudi yang berdampak negatif pada efisiensi bisnis dan memberikan pelatihan khusus untuk mengakhiri perilaku ini.

Bagaimana keadaan saat ini dari sektor logistik?

Sektor logistik mengalami pertumbuhan yang cepat, didorong oleh kemajuan teknologi. Industri logistik telah mengalami lonjakan dari e-commerce, dan pasar baru, seperti industri pakaian, makanan, dan obat-obatan, sehingga mengalami ekspansi cepat dalam ritel dan pengiriman online.

Perusahaan di sektor ini telah menggunakan berbagai teknologi untuk tetap unggul dalam kemajuan yang cepat. Mulai dari pemantauan real-time hingga analisis data, solusi-solusi ini dapat tersirat dalam dua kata sederhana, yaitu manajemen armada.

Apa itu manajemen armada?

Manajemen armada adalah proses pengawasan dan koordinasi operasi dan gerakan armada kendaraan. Manajemen armada melibatkan perencanaan strategis, koordinasi logistik, dan pengendalian operasional yang bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi, produktivitas, dan hemat biaya armada. Untuk melakukannya, sistem manajemen armada mencakup berbagai fitur, seperti pemeliharaan kendaraan proaktif, langkah-langkah keselamatan pengemudi yang ditingkatkan, dan visibilitas armada yang tidak tertandingi.

Apa_itu_manajemen_armada?

Mengapa perusahaan logistik memerlukan manajemen armada?

Manajemen armada sangat penting untuk kesuksesan perusahaan logistik karena memberikan manfaat-manfaat sebagai berikut:

  • Mengurangi biaya armada: Dengan memanfaatkan analisis armada untuk mengelola biaya kendaraan, mengurangi tingkat kecelakaan, dan menyederhanakan operasi dengan perangkat lunak armada, manajemen armada membantu memastikan proses logistik berjalan lebih lancar. Sistem manajemen armada dapat mengurangi biaya perawatan hingga 14%, kecelakaan dan biaya terkaitnya hingga 20%, dan konsumsi bahan bakar hingga 25%, semua itu berarti pengurangan biaya armada yang lebih maksimal.
     
  • Mempermudah pelacakan waktu nyata: Sistem manajemen armada dilengkapi dengan perangkat pelacakan kendaraan GPS, yang memberikan akses manajer armada terhadap manajemen armada dan pelacakan real-time. Dengan pelacakan GPS, manajer armada dapat dengan mudah menemukan lokasi pengemudi di mana pun mereka berada dalam hitungan detik, daripada harus menghubungi setiap pengemudi secara manual atau menebak perkiraan waktu kedatangan mereka selama pengiriman.
     
  • Membantu dalam perencanaan rute yang efektif: Perangkat lunak manajemen armada memungkinkan manajer armada untuk merencanakan rute dengan durasi pengiriman sesingkat mungkin. Selain itu, perencanaan rute memungkinkan mereka untuk melacak penggunaan bahan bakar dan mengukurnya terhadap kinerja armada mereka, yang pasti diperlukan untuk mencapai penghematan biaya bahan bakar.
     
  • Memberikan analisis lanjutan: Analisis armada memberikan wawasan yang lebih baik tentang perilaku pengemudi, dan membantu mereka mengatasi masalah keamanan dan mencegah kecelakaan. Dengan menggunakan analisis armada, manajer armada dapat mengidentifikasi pengemudi yang rentan terhadap perilaku mengemudi yang ceroboh seperti kecepatan tinggi, pengereman keras, dan idling berlebihan.
     
  • ‍Memberikan akses pemantauan perawatan armada: Sistem manajemen armada memungkinkan manajer armada untuk melacak kesehatan kendaraan dan tanggal perawatannya. Pemantauan ini membantu manajer armada mengurangi kemungkinan kerusakan mendadak dan kemungkinan biaya penggantian kendaraan atau biaya perbaikan darurat yang mahal.

‍Apa manfaat dari penerapan manajemen armada pada perusahaan logistik?

Mari kita ungkap apa manfaat manajemen armada bagi perusahaan logistik:

  1. Meningkatkan efisiensi armada: Menggabungkan logistik dan manajemen armada untuk menyederhanakan operasi, mengoptimalkan rute, mengurangi konsumsi bahan bakar, meningkatkan efisiensi armada dan mengurangi biaya.
     
  2. Pemantauan real-time: Sistem manajemen armada dapat memberikan pemantauan waktu nyata lokasi dan penggunaan kendaraan, memungkinkan manajer untuk mengoptimalkan rute, memantau konsumsi bahan bakar, dan segera menangani masalah.
     
  3. Meningkatkan keselamatan pengemudi: Sistem manajemen armada dapat membantu mengidentifikasi perilaku mengemudi yang berisiko dan menerapkan program pelatihan untuk meningkatkan keselamatan pengemudi, agar mengurangi kemungkinan kecelakaan dan biaya terkaitnya.
     
  4. Meningkatkan kepuasan pelanggan: Menggabungkan logistik dan manajemen armada dapat menghasilkan peningkatan kepuasan pelanggan dengan memungkinkan manajer armada untuk memberikan pengiriman barang yang akurat dan tepat waktu kepada pelanggan.
     
  5. ‍Mengurangi waktu tidak terduga: Perawatan preventif kendaraan melalui sistem manajemen armada dapat membantu mencegah waktu tidak terduga dan memperpanjang masa pakai kendaraan dan mengarah pada pengurangan biaya.

‍Apa_manfaat_dari_penerapan_manajemen_armada_pada_perusahaan_logistik

Tingkatkan efisiensi rantai pasokan dengan manajemen armada logistik dari Cartrack Indonesia

Berikut adalah 6 solusi manajemen armada untuk membantu bisnis logistik:

Delivery App Cartrack

Menyederhanakan proses pengiriman bisnis logistik dengan Delivery App dari Cartrack. Dirancang untuk manajer armada dan pengemudi, Cartrack Indonesia menyediakan platform yang intuitif dan mudah digunakan untuk mengelola pengiriman, mulai dari penjadwalan hingga pelacakan dan pembayaran. Terdapat fitur optimasi rute yang membantu untuk menghindari keterlambatan perjalanan, mengurangi biaya bahan bakar dan meningkatkan efisiensi. Dengan menganalisis jarak dan waktu perjalanan, fitur ini membantu armada untuk mencapai waktu pengiriman yang lebih cepat dan efisien. Optimasi rute memastikan bahwa perusahaan logistik mematuhi waktu kedatangan yang ditetapkan dan mencapai lebih banyak titik pengiriman dengan bahan bakar yang lebih sedikit.

Real-time pelacakan GPS

Buka keamanan utama untuk kendaraan, aset, dan barang dengan pelacakan langsung dari Cartrack. Manfaatkan teknologi GPS (Global Positioning System) untuk mengetahui di mana semua kendaraan dan pengemudi berada secara real-time. Tingkat wawasan ini memungkinkan optimasi kinerja armada dengan memberikan metrik kunci seperti jarak tempuh, kecepatan, durasi istirahat, tingkat bahan bakar, dan waktu menganggur. Informasi ini tidak hanya memungkinkan untuk memantau aset dengan efisien tetapi juga memberi kontrol total atas operasi logistik serta meningkatkan keselamatan keseluruhan untuk kendaraan dan barang yang diangkut.

Perawatan preventif

Hindari waktu tidak terduga dan kurangi biaya perawatan dengan perawatan preventif dari Cartrack Indonesia . Sistem ini mengirimkan pemberitahuan diagnosa real-time untuk kerusakan mekanis, termasuk kerusakan mesin dan kampas rem aus yang membantu manajer armada untuk segera mengidentifikasi kendaraan yang perlu dilayani sehingga mencegah perbaikan dan tabrakan yang mahal. Platform ini juga melihat jam penggunaan masing-masing kendaraan untuk mengotomatisasi jadwal perawatan dan membantu menyederhanakan proses perawatan

Pemantauan bahan bakar

Sistem pemantauan bahan bakar Cartrack Indonesia dirancang untuk membantu mengoptimalkan konsumsi bahan bakar. Dapatkan akses data real-time tentang konsumsi bahan bakar per kilometer dan per pekerjaan dengan laporan harian, mingguan, atau bulanan. Laporan-laporan ini memberi wawasan penuh tentang konsumsi bahan bakar armada, dan membantu melihat lonjakan tiba-tiba dalam konsumsi bahan bakar. Mudah mengidentifikasi potensi penipuan bahan bakar dengan sistem ini yang secara otomatis mencocokkan tanda terima bahan bakar dengan lokasi kendaraan dan status bahan bakar. Kenali pengemudi dengan waktu menganggur yang berlebihan, memungkinkan manajer armada memberikan pelatihan dan bimbingan untuk meningkatkan perilaku pengemudi dan mengurangi konsumsi bahan bakar.

Sensor-senor khusus

Terdapat berbagai sensor dari Cartrack Indonesia yang dapat dimanfaatkan untuk pengamanan lebih di setiap pengiriman. Pertama, manfaatkan sensor pintu kargo untuk menerima peringatan real-time setiap kali pintu kargo dibuka, sehingga membantu manajer armada memantau dengan hati-hati kargo dan menjaganya tetap aman. Kedua, manfaatkan sensor suhu untuk menjaga kargo tetap segar dan menerima peringatan langsung saat fluktuasi suhu terdeteksi. Ketiga, manfaatkan sensor pintu belakang untuk memantau keamanan kargo berat, dan menerima peringatan langsung saat pintu belakang trailer diaktifkan dan menunjukkan bahwa kargo sedang diakses.

Live-streaming kamera

Dapatkan visibilitas penuh atas kargo dengan memakai Live Vision, kamera berteknologi canggih dari Cartrack Indonesia . Solusi manajemen video yang terhubung ke cloud ini menggunakan peringatan waktu nyata dan deteksi pintar untuk memastikan barang tetap aman. Live Vision kamera dengan teknologi live-streaming juga dilengkapi untuk kecerdasan buatan pendeteksi perilaku pengemudi seperti tidak fokus, kecepatan tinggi, merokok, dan penggunaan telepon seluler. Teknologi yang didukung kecerdasan buatan dilengkapi dengan peringatan suara real-time di dalam kabin, yang memberi tahu pengemudi saat perilaku tersebut terdeteksi, sehingga memungkinkan mereka segera memperbaiki tindakan dan mencegah kecelakaan atau tabrakan.

Integrasikan manajemen armada dalam bisnis logistik dan optimalkan seluruh operasiional-mu hari ini! Didorong oleh kemajuan teknologi dari Cartrack Indonesia , dukung terus perkembangan dan adaptabilitas sektor logistik. 

Hubungi Cartrack Indonesia sekarang juga untuk tetap unggul dalam bisnis logistik di Indonesia! Klik link berikut ini!

Secondary Navigation: 

Timur Tengah

Amerika