Aplikasi Terbaik untuk Manajemen Armada pada Layanan Lapangan

---- 2024/03/28 ---

Apa saja yang terlibat dalam manajemen layanan lapangan?

Manajemen layanan lapangan (FSM) adalah pengelolaan lengkap sumber daya perusahaan untuk memastikan pemenuhan layanan pelanggan yang baik. Ini melibatkan koordinasi aktivitas kerja karyawan, serta peralatan perusahaan dan armada/kendaraan dan komunikasi yang tepat dengan pelanggan.

Sebagai contoh, seorang manajer layanan lapangan di perusahaan penyedia layanan internet perlu mengirimkan teknisi terampil untuk menginstal atau memperbaiki kabel serat optik internet atau jenis koneksi internet lainnya. Selain itu, mereka harus memastikan bahwa teknisi yang tepat ditugaskan untuk tugas tersebut dan mereka dilengkapi dengan semua yang mereka butuhkan.

Untuk bisnis dengan armada perusahaan, manajer layanan lapangan juga harus memastikan bahwa kendaraan tersedia untuk pekerjaan dengan mobilitas tinggi. Perlu diingat bahwa para teknisi harus melakukan berbagai tugas, pada waktu yang berbeda dan di lokasi yang berbeda. FSM adalah harus mengkoordinasikan setiap bagian dari proses ini secara lancar dan efisien.

Mari kita bahas lebih lanjut tentang manajemen layanan lapangan:

  • Penjadwalan layanan lapangan - yang merupakan pengaturan jadwal karyawan, mencocokkan janji layanan dengan teknisi yang tersedia, dan membuat jadwal penyelesaian pesanan kerja dengan realistis.
     
  • Manajemen penugasan layanan lapangan - ini menyangkut koordinasi dan pemantauan spesialis layanan lapangan ketika diberangkatkan dalam penugasan kerja.
     
  • Manajemen pesanan kerja - ini merujuk pada proses pelacakan pesanan kerja layanan dari pembuatan hingga penyelesaian dan penagihan pelanggan.
     
  • Manajemen inventaris dan peralatan - ini melibatkan pelacakan pasokan, suku cadang, produk, dll. untuk semua tugas layanan yang akan diselesaikan.

Mari kita bahas lebih lanjut_tentang_manajemen_layanan_lapangan

4 tantangan utama untuk manajemen layanan lapangan

Perusahaan yang terlibat dalam bisnis layanan lapangan seperti perusahaan instalasi pipa, layanan kurir, perbaikan dan layanan pemeliharaan, layanan telekomunikasi, dan layanan listrik, menghadapi tantangan khusus yang relevan dengan industri mereka. Agar sukses, bisnis ini harus mengatasi empat tantangan utama berikut:

  1. Layanan pelanggan yang buruk

    Layanan pelanggan adalah nadi kehidupan setiap bisnis layanan, jadi memastikan tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi adalah cara terbaik bagi bisnis untuk tetap unggul dibandingkan pesaing industri mereka. Setiap kesalahan dalam manajemen layanan lapangan dapat langsung mempengaruhi pengalaman pelanggan.
     

  2. Proses berbasis kertas yang membosankan

    Jika bisnis kalian belum beralih ke digital, maka bisnis tersebut beberapa langkah di belakang pesaing industri. Sudah waktunya untuk mendigitalisasi proses, tetapi banyak bisnis menganggap ini sebagai tantangan. Hal ini karena beberapa alat FSM tidak secara mulus terintegrasi dengan proses bisnis lainnya.

    Beralih ke digital dan mengurangi pekerjaan kertas, adalah salah satu cara paling cerdas bagi bisnis untuk menjaga agar pekerjaan tetap teratur dari pembuatan hingga penyelesaian dan tetap menginformasikan progres ke pelanggan setiap saat.
     

  3. Perutean yang tidak efisien

    Penjadwalan dan perutean yang buruk dapat menghancurkan seluruh bisnis, dan langsung mempengaruhi penjualan, profitabilitas, dan retensi pelanggan. Kebanyakan bisnis layanan menghadapi tantangan dalam manajemen karyawan, inventaris, dan armada karena ini adalah proses yang kompleks.

    Ketika pekerja menelepon sakit atau membutuhkan cuti, proses penjadwalan ulang bisa menyebabkan stres. Demikian pula dengan masalah produk tidak tersedia atau kendaraan sedang diservis atau sedang diperbaiki. Setiap masalah ini dapat mengganggu seorang manajer saat berusaha mengawasi semua elemen ini.
     

  4. Manajemen pengemudi dan armada yang buruk

    Manajer layanan lapangan seringkali kesulitan dengan analisis armada berkelanjutan yang diperlukan untuk memastikan pemenuhan pesanan. Mendapatkan perangkat lunak manajemen armada memungkinkan FSM untuk melacak data relevan mengenai kendaraan armada tertentu, dan memudahkan bagi mereka yang berada di jalan dan mereka yang berada di kantor untuk menjaga komunikasi yang konstan.

Tantangan-tantangan ini mungkin tampak menakutkan bagi bisnis layanan lapangan atau tim manajemen manapun, tetapi tahukah kamu bahwa solusi manajemen armada dapat membantu bisnis menyederhanakan proses ini dan dengan mudah mengatasi setiap tantangannya?

Solusi manajemen armada membantu bisnis mengatasi tantangan manajemen layanan lapangan

Solusi manajemen armada dapat dengan mudah diintegrasikan dengan sistem FSM, untuk layanan pengiriman, manajemen aset, dan penyedia layanan kesehatan/medis dan layanan lainnya untuk memastikan pemenuhan layanan pelanggan yang sangat baik.

Sebagai contoh, jika sebuah bisnis membutuhkan tugas yang harus diselesaikan di titik A saja. Nah, ini dapat diselesaikan dengan efektif menggunakan platform perangkat lunak manajemen armada yang canggih.

Berikut adalah cara kerjanya:

  • Penjadwalan pekerjaan

    Teknologi terintegrasi yang tepat dapat membantu bisnis menjadwalkan teknisi, kurir, dan penyedia layanan lainnya dalam tugas-tugas pekerjaan sehari-hari mereka. Ini dapat membantu manajemen tugas yang efektif, untuk memastikan pengemudi menyelesaikan pekerjaan dalam waktu shift mereka, dan memulai dan mengakhiri rute mereka di tempat yang ditentukan. Mengenai peralatan, manajer dapat mengirimkan
     

  • Pelacakan Langsung

    Manajemen armada

    dapat digunakan untuk mengoptimalkan rute dan penugasan, karena manajer bisa memantau rute yang direncanakan dengan pelacakan langsung. Visibilitas real-time dari layanan Cartrack, dapat memastikan penyelesaian tugas tepat waktu. Manajer armada mendapatkan visibilitas penuh lokasi pengemudi, dan dapat menugaskan tugas kepada mereka selama di perjalanan. Pelanggan juga dapat diberikan informasi terkait progres pengiriman mereka.
     
  • Aplikasi Seluler untuk Karyawan

    Dengan aplikasi seluler untuk karyawan, bisnis dapat memastikan mereka memiliki komunikasi yang berkelanjutan dengan karyawan mereka di jalan, sehingga dapat dengan mudah menugaskan pekerjaan saat mereka sedang dalam perjalanan, dan memastikan tidak ada kesalahpahaman. Karyawan juga merasa lebih berdaya dengan aplikasi karena mereka dapat dengan mudah menyelesaikan tugas dengan lebih sedikit frustrasi ketika ada perubahan pada rute mereka atau pembatalan.
     

  • Pemberitahuan kepada Pelanggan

    Pelanggan dapat menerima informasi tentang tanggal produk mereka akan sampai atau kapan layanan mereka akan datang. Pelanggan juga dapat menerima pemberitahuan tentang kapan penyedia layanan atau pengantar sedang dalam perjalanan dan kapan barang telah berhasil dikirim. Ini adalah keuntungan utama bagi bisnis karena dapat menjaga kepuasan pelanggan dan hubungan pelanggan dengan baik, sehingga membantu pertumbuhan bisnis secara keseluruhan dan keberlanjutan.
     

  • Manajemen Data dan Perangkat Lunak

    Ada beberapa jenis perangkat lunak manajemen layanan lapangan di pasaran, tetapi solusi manajemen armada terbaik dapat disesuaikan untuk memenuhi pengiriman layanan bisnis. Perangkat lunak manajemen armada terbaik dapat melakukan semua hal di atas, dan mengelola dan menyimpan data lanjutan untuk manajer menyusun laporan tentang pengiriman yang berhasil dan tidak berhasil, jam kerja karyawan, dan tantangan lain yang dihadapi saat menyelesaikan pengiriman atau layanan.

Solusi_manajemen_armada_membantu_bisnis_mengatasi_tantangan_manajemen_layanan_lapangan

Manfaat Menggunakan Solusi Manajemen Armada untuk Bisnis Layanan Lapangan

Solusi manajemen armada adalah salah satu cara paling cerdas dan efektif bagi bisnis untuk membuat karyawan mereka lebih bahagia, memastikan pelanggan puas dan bisnis berkembang.

  • Peningkatan produktivitas dan output tim mobile - Tim mobile dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan setiap hari, dan mengalami lebih sedikit frustrasi karena masalah penjadwalan, dll. Ini pada akhirnya menghasilkan lebih banyak produktivitas dan output.
     
  • Lebih banyak tugas diselesaikan dengan mudah - Manajer dapat dengan mudah menghilangkan kesalahan penugasan, dan memastikan teknisi yang tepat tiba tepat waktu, setiap kali untuk setiap tugas.
     
  • Komunikasi yang lebih baik di antara tim - Menghilangkan masalah komunikasi antara tim di kantor dan tim mobile. Ini telah menjadi salah satu tantangan terbesar bagi manajer armada dan layanan lapangan, integrasi semacam ini sangat meningkatkan komunikasi di antara setiap tim.
     
  • Mengurangi biaya bisnis - Manajer dapat melacak inventaris dan armada, serta secara efektif mengurangi biaya bisnis seperti bahan bakar, perangkat keras, & sumber daya melalui manajemen sumber daya yang efisien.
     
  • Pengalaman pelanggan yang lebih baik - Peningkatan kepuasan pelanggan seringkali mengarah pada lebih banyak referensi dan bisnis berulang. Dengan solusi manajemen armada, bisnis layanan lapangan dapat memenuhi janji yang mereka buat kepada pelanggan mereka, sehingga memastikan mereka bisa mendapatkan lebih banyak pelanggan.

Cartrack Delivery - salah satu solusi manajemen armada layanan lapangan terbaik

Cartrack Delivery adalah solusi untuk bisnis layanan lapangan. Perangkat lunak pintar ini tidak bergantung pada perangkat pelacakan untuk fungsinya. Ini adalah berita bagus bagi bisnis karena berarti kita tidak perlu khawatir tentang instalasi perangkat pelacakan atau integrasi unit dengan kendaraan. Ini berarti tidak ada waktu henti, hanya plug and play - semuanya berjalan dengan lancar.

Begini cara kerjanya:

‍Fitur web Cartrack Delivery untuk manajemen tugas yang lebih mudah dan cepat

diakses melalui platform berbasis web. Alat ini membantu kita untuk mengelola tugas, pekerjaan, pengiriman, dan pengemudi, sehingga memastikan bahwa semua yang kita butuhkan, ada di satu tempat.

Pengguna Cartrack Delivery Service dapat dengan mudah menyiapkan pengemudi baru menggunakan "Pengaturan pengemudi lanjutan" pada aplikasi. Inilah tempat semua informasi relevan tentang pengemudi/pekerja mobile diunggah dan dikelola untuk memastikan bahwa pekerja mobile dilengkapi dan tersedia untuk penugasan.

Berikut adalah beberapa fitur Cartrack yang dinikmati oleh manajer layanan lapangan:

  1. Orang yang Tepat untuk Pekerjaan

    Daftar Pekerjaan memungkinkan pengguna untuk memilih jenis tugas yang harus diselesaikan oleh pengemudi/pekerja mobile. Pada saat yang sama, opsi pemilihan/validasi pekerjaan memastikan bahwa pengguna memilih peralatan khusus atau kendaraan yang diperlukan untuk pekerjaan tersebut. Sistem secara otomatis memberi tahu pengguna, jika pengemudi yang dipilih tidak memiliki lisensi untuk pekerjaan tertentu yang dipilih.
     

  2. Penyelesaian Pekerjaan Lebih Cepat
     

    Pengguna dapat menetapkan prioritas untuk setiap pekerjaan dan menetapkan jendela waktu di mana pekerja dapat menyelesaikan layanan sesuai prioritas dan jendela waktu. Dengan opsi yang dapat disesuaikan, pengguna dapat mengubah urutan prioritas pekerjaan dan mengkomunikasikan secara langsung ke pengemudi. Selain itu, pengguna dapat menjadwalkan pekerjaan baru dan merencanakannya untuk pengemudi atau memilih jadwal otomatis untuk pengiriman berulang, pengambilan, atau layanan rutin menggunakan opsi pekerjaan perencanaan otomatis.

    Dengan Optimasi Rute - sistem dapat merancang rencana rute terbaik untuk pengemudi sehingga setiap kali manajer menugaskan tugas kepada mereka, mereka mendapatkan opsi rute yang paling efisien dari segi waktu dan biaya.

‍Bagaimana aplikasi Delivery all-in-one Cartrack memberdayakan pekerja dan pelanggan

Pengemudi, penyedia layanan, dan teknisi semua diberdayakan berkat aplikasi Delivery all-in-one Cartrack. Mereka dapat melihat pekerjaan yang telah ditugaskan kepada mereka, dan dapat menandai item dari daftar tugas mereka. Ini mengotomatiskan seluruh proses dan memberikan visibilitas penuh atas semua progres tugas sehingga pekerjaan dapat selesai lebih cepat.

  1. Pekerja lapangan yang diberdayakan
     

    Pengemudi/pekerja mobile dapat masuk menggunakan nama pengguna, nomor ponsel, atau alamat email dan kata sandi unik mereka. Aplikasi ini hemat data, karena pengemudi dapat beralih ke mode data rendah kapan pun diperlukan. Selain itu, di area di mana mereka mungkin tidak memiliki jaringan, mereka dapat beralih ke mode offline. Setiap kali mereka istirahat, mereka dapat mengubah mode mobile pengemudi menjadi mode istirahat.

    Dengan mendapatkan pembaruan instan pada penjadwalan pekerjaan dan informasi pengemudi, manajer dapat melihat semua pekerjaan yang ditugaskan kepada mereka. Pengemudi akan mendapatkan pesan instan tentang detail pekerjaan segera setelah manajer tugas membuat pembaruan, seperti pembatalan, atau perubahan prioritas. Dengan fitur daftar tugas di aplikasi, pengemudi dapat menandai tugas yang selesai, memindai formulir, dan menambahkan lampiran atau mengonfirmasi bukti penyelesaian dengan tanda tangan digital pelanggan melalui aplikasi. Ini mendigitalisasi seluruh proses manual pengemudi agar lebih efisien dan menghindari kehilangan dokumen.

    Pengemudi juga dapat melakukan pemeriksaan pra-pengecekan kendaraan/pengemudi sebelum memulai pekerjaan untuk mengonfirmasi peralatan apa yang diperlukan. Ini membantu untuk memastikan keselamatan mereka dan memastikan bahwa mereka tidak membuang waktu dengan muncul di lokasi dengan peralatan yang salah.
     

  2. Komunikasi yang Ditingkatkan dengan Pelanggan
     

    Pelanggan dapat menerima pemberitahuan email/SMS otomatis tentang jadwal layanan akan dilakukan. Mereka juga dapat mengonfirmasi penyelesaian layanan dengan tanda tangan digital melalui aplikasi dan mengisi formulir umpan balik untuk membantu meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

    Karena pengemudi juga dapat berkomunikasi langsung dengan pelanggan, mereka juga dapat mengonfirmasi waktu, lokasi, dan ketersediaan layanan. Mereka dapat memberi tahu pelanggan ketika terdapat sedikit terlambatan karena kemacetan atau alasan lainnya.

    Komunikasi pada pelanggan atau klien adalah kunci. Jadi memberikan informasi tentang keterlambatan, perubahan, dan lainnya adalah salah satu cara untuk mengambil hati mereka.

Nah, itu dia, integrasi cepat dan lancar ke manajemen layanan melalui web dan aplikasi seluler untuk pekerja layanan lapangan. Teknologi sederhana dan canggih ini sempurna untuk meningkatkan produktivitas bisnis dan membantu bisnis mencapai keunggulan layanan pelanggan.

‍Lakukan pekerjaan layanan lapangan apapun dengan cara tercepat menggunakan Cartrack. Delivery App dari Cartrack terbukti membantu bisnis mengurangi biaya bahan bakar dan stres lain yang terkait dengan mengelola tim layanan lapangan. 

Mari kita merencanakan strategi bersama Cartrack untuk memberdayakan tim dan memastikan loyalitas pelanggan kita!

Hubungi kami untuk demonstrasi hari ini, klik link berikut ini!

 

Secondary Navigation: 

Timur Tengah

Amerika