5 Fitur GPS Tracker yang Wajib Ada dalam Sistem Pemantauan Kendaraan

10 Ags 2020

GPS tracker kini telah menjadi kebutuhan utama bagi perusahaan yang memiliki armada kendaraan. Berapa pun skala armada perusahaan Anda, besar atau kecil, sistem pemantauan kendaraan dapat memberi manfaat pada bottom-line bisnis Anda. Karena itulah penting untuk memilih GPS tracker yang memiliki fitur-fitur sesuai kebutuhan pengelolaan armada perusahaan Anda. Dari sekian banyak fitur, setidaknya 5 fitur ini wajib ada pada GPS tracker.

1. Pelacakan Lokasi Real-Time

Sistem pemantauan armada dimulai dari kebutuhan untuk mengetahui lokasi kendaraan setiap saat untuk beragam alasan. Fungsi ini dapat dikatakan mendefinisikan GPS tracker, karena itulah wajib ada. Anda dapat memantau lokasi setiap kendaraan pada peta beserta dengan kecepatan dan waktu kendaraan ada di posisi tersebut. Pergerakan kendaraan berupa titik-titik yang terhubung membentuk rute dari mulai mesin dinyalakan hingga dimatikan. Setiap titik berisi data yang dilacak dan dikirimkan oleh perangkat GPS tracker yang terpasang pada kendaraan.

2. Pemantauan Perilaku Mengemudi

Fitur pemantau perilaku mengemudi bukan digunakan untuk menonton setiap gerakan pengemudi, melainkan untuk meningkatkan kinerja mereka dan mengembangkan bisnis Anda. Fitur ini memberikan visibilitas terhadap beberapa parameter perilaku berkendara yang berisiko, seperti mengebut, akselerasi kasar, mengerem keras, dan menikung tajam. Pemantauan ini selain menjaga keselamatan pengemudi dan kendaraan, juga mencegah Anda mengalami kerugian yang lebih besar. Anda juga dapat menggunakan pemantauan ini untuk memvalidasi waktu kerja pengemudi serta mengetahui waktu rata-rata yang dihabiskan pengemudi untuk setiap pengiriman.

3. Pengelola Jadwal Servis Kendaraan

Penting untuk memastikan kendaraan Anda dipelihara dengan baik untuk terus mendukung bisnis Anda dan meminimalisasi kerugian akibat downtime. Karena itulah Anda membutuhkan fitur ini, yang akan sangat membantu dalam efisiensi pekerjaan pemeliharaan, terlebih jika Anda memiliki armada berskala besar. Terintegrasi dengan data GPS tracker, Anda dapat mengelola jadwal pemeliharaan preventif berdasarkan tanggal, kilometer, dan durasi operasional masing-masing kendaraan. 

4. Kustomisasi Peringatan

Dengan adanya kebutuhan pemantauan yang beragam di setiap manajemen armada, fitur kustomisasi peringatan menjadi penting untuk dimiliki. Melalui GPS tracking software, Anda dapat mengatur penerimaan notifikasi real-time antara lain kendaraan masuk/keluar geofence, mesin dinyalakan/dimatikan, suhu kargo melampaui batas atas/bawah toleransi, kendaraan idling, kendaraan dikemudikan melampaui batas kecepatan, dan jatuh tempo servis kendaraan. Kustomisasi peringatan ini membantu Anda untuk bertindak cepat saat dibutuhkan dan memastikan segala sesuatunya berjalan dengan baik.

5. Laporan Otomatis

Salah satu fitur canggih yang dimiliki GPS tracker adalah laporan otomatis. Data-data yang terlacak dikirim dalam bentuk laporan berformat Excel atau PDF. Anda cukup memilih laporan yang dibutuhkan dan mengunduh atau mengatur pengiriman berkala ke surel Anda. Selain menjadikan pekerjaan administrasi lebih efisien, laporan otomatis ini memberikan data analisis yang berguna untuk mengevaluasi armada dan mengoptimalkan bisnis Anda. Beberapa laporan otomatis yang tersedia, misalnya Laporan Perjalanan, Laporan Jam Operasional, Laporan Efisiensi Bahan Bakar, Laporan Manajemen Risiko, dan Laporan Keselamatan Pengemudi.

 

Hampir seluruh penyedia GPS tracker memiliki kelima fitur wajib tersebut, namun Cartrack memiliki keunggulan dengan lebih dari 60 jenis laporan otomatis. Parameter dalam laporan otomatis Cartrack juga dapat di-customized agar hanya menampilkan yang Anda utamakan. Bicara dengan konsultan Cartrack sekarang untuk mengetahui fitur-fitur yang dapat menguntungkan Anda dan dapatkan LIVE DEMO GRATIS!

Secondary Navigation: 
Facebook

Timur Tengah

Amerika