- Solusi
- Perusahaan
- Tentang KamiCartrack menawarkan solusi intelektual yang menjamin optimasi armada dan tenaga kerja, seberapa besar ataupun kecil bisnis Anda
- Hubungan InvestorCartrack memiliki riwayat konversi dan penghasilan arus kas yang kuat, leverage keuangan rendah, dan dividen besar
- KarierPortal karier. Lihat semua lowongan kerja terkini dan kesempatan yang tersedia di Cartrack
- Informasi
- Hubungi Kami
- English
- Masuk
Cara Cegah dan Hentikan Kontaminasi Bahan Bakar
---- 2024/09/06 ---
Mengapa kita perlu khawatir dengan diesel yang kotor?
Diesel kotor, yang lebih sering disebut sebagai kontaminasi bahan bakar, mengacu pada kotoran dalam bahan bakar yang mengurangi kualitas dan grade-nya. Kotoran ini bisa disebabkan oleh berbagai kontaminasi, seperti air dan degradasi mikroba (bakteri dan jamur), yang terjadi saat penyimpanan dan penanganan bahan bakar.
Berikut adalah penjelasan lebih rinci tentang kontaminasi bahan bakar.
Jenis kontaminasi bahan bakar
Karena ada lebih dari satu jenis kontaminasi bahan bakar, sebaiknya kamu mempelajarinya agar dapat menjaga risiko kontaminasi pada armada seminimal mungkin.
- Kontaminasi air
Bahan bakar mudah terkontaminasi oleh air saat disimpan di tangki melalui kondensasi, kebocoran pada unit penyimpanan, atau penanganan yang buruk selama pemindahan solar. Hal ini mengakibatkan pertumbuhan mikroba, karat, dan pemisahan air dan minyak dalam bahan bakar. Sedikit air dalam bahan bakar mungkin tampak tidak berbahaya, terutama jika air secara tidak sengaja masuk ke sistem bahan bakar, tetapi air dan minyak tidak seharusnya bercampur.Kadar air dalam bahan bakar harus berada di bawah titik jenuh, sehingga setiap kelebihan air yang masuk ke sistem bahan bakar kendaraan dapat mengakibatkan pertumbuhan bakteri, korosi, dan pada akhirnya kerusakan mesin.
- Kotoran bahan bakar
Ada dua jenis kotoran bahan bakar: degradasi organik dan degradasi anorganik. Degradasi organik terjadi ketika bahan bakar disimpan terlalu lama di dalam tangki hingga akhirnya kedaluwarsa. Stasiun pengisian bahan bakar dan penyedia bahan bakar sering menambahkan stabilisator dan aditif lainnya untuk mencegah jenis degradasi ini. Disarankan agar pemilik kendaraan atau pemilik armada memeriksa tangki bahan bakar mereka sebelum menggunakan aditif apa pun.Kontaminasi anorganik terjadi selama proses penanganan bahan bakar, yang berarti bahan bakar mungkin ditangani dengan tidak benar saat dipindahkan dari tangki, truk, atau drum bahan bakar dan akhirnya ke tangki armada. Selama proses ini, bahan bakar dapat bersentuhan dengan pasir, kotoran, karat, dan puing-puing lainnya, yang pada akhirnya menyebabkan bahan bakar kotor.
- Pencampuran diesel yang disengaja
Pom bensin yang curang mungkin juga mengurangi kemurnian bahan bakar mereka secara sengaja dengan menambahkan bahan bakar sintetis seperti parafin. Pom-pom bensin ini telah menipu pelanggan dengan menjual bahan bakar yang tercemar. Selain dampak finansial bagi pemilik individu dan bisnis, diesel kotor juga dapat menyebabkan masalah serius pada kendaraan, dan itulah sebabnya pemilik kendaraan dan bisnis armada harus khawatir.
Kenyataan menyedihkan tentang bahan bakar kotor adalah bahwa penumpukan puing-puing dan bahan bakar yang tercemar dalam sistem dapat memiliki efek buruk pada mobil dan mesin dalam jangka panjang, yang pada akhirnya mempengaruhi masa pakai mereka.
Namun, bagaimana cara mendeteksi apakah armada berjalan dengan bahan bakar kotor? Berikut beberapa tanda yang perlu diperhatikan pada armada:
-
Kinerja mesin yang buruk
-
Konsumsi bahan bakar yang tidak efisien
-
Korosi pada tangki bahan bakar
-
Kesulitan dalam akselerasi kendaraan atau saat menanjak
-
Lampu mesin berkedip
-
Filter bahan bakar tersumbat
-
Mesin mogok
Sebagai alternatif, kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk pemeriksaan kendaraan dari kontaminasi bahan bakar di dalam tangkinya. Kamu tidak bisa lagi mengabaikan atau menyepelekan kualitas bahan bakar armada karena hal itu bisa membuat kamu rugi di kemudian hari.
Dampak negatif bahan bakar kotor pada armada
Bisnis yang secara rutin mengangkut barang atau bekerja dengan mesin yang bergantung pada bahan bakar akan dirugikan jika bahan bakar kotor karena merusak kendaraan dan mesin mereka. Bahan bakar kotor dapat menyebabkan:
- Kerusakan mesin yang parah
Puing-puing dan kontaminan lain dalam bahan bakar dapat menyebabkan kerusakan signifikan pada injektor bahan bakar kendaraan, pompa, dan komponen mesin lainnya.
- Biaya perawatan yang lebih tinggi
Menilai dan menangani kerusakan yang disebabkan oleh diesel kotor, atau bahkan memompa keluar bahan bakar dari kendaraan Anda, dapat mengakibatkan biaya perawatan atau layanan yang lebih tinggi.
- Inefisiensi armada yang meningkat
Diesel kotor terbakar lebih cepat, menyebabkan konsumsi bahan bakar meningkat, memaksa mesin bekerja lebih keras, dan mengurangi kinerja kendaraan atau mesin Anda.
Mencegah dan menghentikan kontaminasi bahan bakar pada armada
Baik armada secara tidak sengaja diisi bahan bakar kotor dan kamu menjadi korban stasiun bensin curang, atau mungkin kamu hanya mengabaikan kualitas bahan bakar untuk kendaraan dan peralatan, hanya ada tiga cara yang terbukti untuk mencegah dan menghentikan kontaminasi bahan bakar pada armada.
Berikut tiga cara terbaik untuk mencegah kontaminasi bahan bakar armada:
- Jadwalkan pemeliharaan dan pemeriksaan kendaraan secara berkala
Pemeliharaan atau servis kendaraan dan peralatan secara teratur membantu memastikan armada siap untuk setiap perjalanan, tidak peduli seberapa jauh. Menjaga jadwal servis adalah cara cerdas untuk memastikan setiap komponen bekerja dengan optimal.Untuk mencegah dan menghentikan kontaminasi bahan bakar, manajer armada yang mencurigai adanya bahan bakar kotor dalam armada mereka dapat meminta pemeriksaan pada filter bahan bakar dan pompa bahan bakar selama pemeliharaan atau servis berikutnya.
Untuk menghindari pelacakan manual janji servis armada, manajer armada dapat mengatur pengingat pemeliharaan atau servis di Cartrack Fleet Web dan mengotomatiskan proses administratifnya. Misalnya, disarankan untuk mengganti filter bahan bakar setiap dua tahun atau setiap 50.000 km (tergantung pada jenis kendaraan). Dengan mengatur pengingat khusus untuk penggantian filter bahan bakar, kamu dapat memastikan filter bahan bakar armada diperiksa dan diganti tepat waktu.
- Latih staf armada tentang masalah kontaminasi bahan bakar
Seperti yang diharapkan, pengemudi mungkin lebih tahu tentang kendaraan dan kinerjanya daripada kamu. Mereka berada di belakang kemudi setiap hari, memastikan pengiriman dan tugas selesai tepat waktu. Ini juga berarti mereka dapat memberi tahu tentang masalah kendaraan sehingga kamu dapat menanganinya lebih cepat.Dengan melatih pengemudi dan staf armada lainnya tentang kontaminasi bahan bakar dan tanda-tanda yang dapat mereka perhatikan, kamu dapat membantu mereka mencegah dan menghentikan kontaminasi bahan bakar di armada. Cukup menambahkan pemeriksaan rutin oli dan filter kendaraan dapat sangat membantu.
Solusi pelacakan GPS dan telematika Cartrack membantu ketika pengemudi tidak yakin apa yang menyebabkan sulitnya kinerja kendaraan. Telematika kami memberikan wawasan tentang kendaraan sehingga kamu bisa mendapat pemberitahuan tentang kerusakan mesin dan pemeriksaan kesehatan baterai. Dengan wawasan ini, kamu dapat menangani masalah kendaraan lebih cepat.
- Pantau pola bahan bakar armada
Terakhir namun tak kalah penting, konsumsi bahan bakar, pengeluaran, dan pola armada dapat menunjukkan apakah kendaraan dan mesin berjalan dengan bahan bakar kotor. Pemantauan bahan bakar berkaitan dengan menganalisis konsumsi bahan bakar armada secara real-time, melacak pengeluaran dan transaksi bahan bakar, memantau level tangki bahan bakar, serta mengidentifikasi masalah yang mempengaruhi bahan bakar armada.Menggunakan berbagai data bahan bakar dapat membantu manajer armada mendeteksi dan menangani masalah bahan bakar seperti kontaminasi. Terkadang kontaminasi bahan bakar disebabkan oleh pengemudi atau staf armada yang mencoba mendapatkan bahan bakar yang lebih murah sehingga mereka dapat menaikkan biaya bahan bakar dan mengantongi selisih dari pengisiannya bahan bakar. Pencurian bahan bakar semacam ini dapat diatasi dengan integrasi kartu bahan bakar yang membatasi pengisian bahan bakar ke stasiun yang berwenang. Kartu bahan bakar juga dapat digunakan untuk melacak pembelian bahan bakar berdasarkan lokasi, biaya, dan volume guna membantu manajer mengidentifikasi aktivitas yang mencurigakan.
Sistem pemantauan bahan bakar kami dilengkapi dengan pelacak GPS dan sensor bahan bakar, serta dapat diintegrasikan dengan MiFleet Cartrack untuk administrasi biaya. Sistem ini menyediakan opsi all-in-one untuk mengatasi masalah bahan bakar dan tantangan manajemen bahan bakar lainnya. Dengan menggunakan sistem kami, manajer armada dapat menyesuaikan dan mengotomatiskan laporan konsumsi bahan bakar mereka di Cartrack FleetWeb sesuai kebutuhan dan menangani masalah bahan bakar.
Sebagai alternatif, jika kamu menyadari bahwa satu atau lebih kendaraan atau mesin tampak lebih cepat kehabisan bahan bakar atau sering mogok, maka kamu dapat menyelidiki pemakaian bahan bakar atau penipuan bahan bakar di armada.
Kontaminasi bahan bakar: Mematahkan mitos umum
Laporan berita tentang kontaminasi bahan bakar tidak bisa berbohong, tetapi beberapa kesalahpahaman yang kita miliki tentang kualitas bahan bakar dapat memperlambat armada, yang mengakibatkan downtime kendaraan dan peralatan serta biaya pemeliharaan yang mahal.
Mari kita patahkan beberapa mitos umum tentang kontaminasi bahan bakar.
Mitos #1: Tidak ada cara untuk menguji bahan bakar armada
Manajer armada dapat mengatur berbagai alat pengujian bahan bakar dan pemeriksaan sampel dengan penyedia bahan bakar mereka atau memintanya untuk kendaraan mereka. Pengujian bahan bakar adalah satu-satunya cara yang akurat untuk menentukan apakah kendaraan memiliki diesel kotor. Pemeriksaan mekanis, kondisi tangki bahan bakar, dan penampilan bahan bakar semuanya menunjukkan bahan bakar yang terkontaminasi.
Mitos #2: Mesin tahan lama, jadi pengisian bahan bakar yang salah tidak apa-apa
Mesin tidak dapat berjalan dengan baik tanpa bahan bakar yang tepat, dan terkadang, mesin tidak akan berjalan sama sekali jika kita menuangkan bahan bakar yang salah. Meskipun mesin tahan lama, pengisian bahan bakar yang salah dapat merusak kendaraan dan merugikan secara finansial.
Mitos #3: Menggunakan bahan bakar yang kotor membantu menghemat bahan bakar
Penghematan bahan bakar tidak boleh mengorbankan kendaraan armada; diesel kotor merusak kendaraan dan mengurangi masa pakainya. Dengan solusi pemantauan bahan bakar Cartrack, kita dapat mengurangi biaya bahan bakar armada secara keseluruhan dan menerapkan strategi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar armada.
Lindungi armada dari kontaminasi dengan solusi pemantauan bahan bakar Cartrack
Kontaminasi bahan bakar dapat merusak armada, menyebabkan perbaikan yang mahal dan downtime yang tidak perlu. Lindungi kendaraan bahan bakar kotor dan jaga armada agar tetap berjalan lancar.
Hubungi Cartrack hari ini untuk dapatkan demo gratis! Klik link berikut!