- Solutions
- The Company
- About usCartrack offers smart fleet solutions guaranteed to optimise your fleet and workforce, no matter how big or small your business.
- Investor RelationsCartrack has a history of strong cash flow generation and cash conversion, low financial leverage and strong dividends.
- CareersCareers portal. View all the current Cartrack career openings and opportunities available.
- Resources
- Contact Us
- Bahasa
- Login
Bagaimana Cara Membangun Bisnis Delivery yang Sukses
---- 2024/11/11 ---
Semakin bertambahnya bisnis e-commerce hingga dropshipping membuktikan bahwa bisnis delivery atau pengiriman memiliki potensi yang besar. Tantangan dari bisnis delivery atau pengiriman adalah konsumen yang mengharapkan pengiriman untuk dapat diandalkan dan terjangkau. Lalu bagaimana cara membangun bisnis delivery yang sukses?
Berikut panduan memulai bisnis pengiriman yang sukses, mari kita pelajari bersama!
Panduan 5 langkah untuk memulai bisnis pengiriman yang sukses
Sebelum mempelajari langkah-langkah membangun bisnis pengiriman, kira-kira apa sih alasan kita harus mencoba membangun bisnis pengiriman?
-
Meningkatnya permintaan pengiriman yang aman dan terjangkau dari berbagai industri
-
Bisnis pengiriman dapat menawarkan jasa ke berbagai perusahaan besar
-
Investasi dan biaya operasional bisnis pengiriman relatif kecil
-
Terdapat banyak perkembangan teknologi seperti sistem manajemen armada yang dapat membantu menjalankan bisnis delivery
Memulai bisnis pengiriman relatif mudah, tetapi mengembangkannya menjadi bisnis yang sukses akan membutuhkan lebih banyak usaha. Untuk mencapai kesuksesan bisnis pengiriman, berikut hal-hal penting yang harus kamu perhatikan:
-
Pastikan pengiriman produk dan pesanan tepat waktu ke pelanggan.
-
Melindungi nama baik perusahaan dan memastikan loyalitas dan kepuasan pelanggan.
-
Memberikan opsi harga bersaing untuk pelanggan dan klien.
-
Berikan informasi progres pengiriman secara real-time, pelacakan pesanan yang mudah, dan beberapa opsi pengiriman untuk pelanggan.
-
Pengemudi yang bahagia dan memiliki keseimbangan kehidupan dan pekerjaan.
-
Tujuan dan visi bisnis yang jelas, pemahaman tentang pasar pengiriman, dan kepatuhan hukum.
Langkah 1: Mengidentifikasi segmentasi pasar bisnis delivery/pengiriman
Bisnis delivery adalah bisnis yang cepat berkembang karena dibutuhkan dalam jumlah besar oleh bisnis lain seperti pengiriman makanan hingga penyedia peralatan kesehatan. Cara terbaik untuk memulai bisnis delivery adalah dengan menentukan segmentasi pasar dan menyiapkan rencana bisnis.
Simak 5 segmentasi pasar bisnis delivery/pengiriman berikut ini:
-
Makanan dan bahan baku segar
Kamu dapat menawarkan jasa pengiriman ke restoran-restoran dan supermarket. Selain itu kamu juga dapat menawarkan jasa pengiriman ke katering-katering makan siang dan malam karena mereka membutuhkan pengiriman instan ke pelanggan. -
Toko bunga dan bingkisan acara
Kamu dapat menawarkan jasa pengiriman same day atau next day untuk bisnis bunga hias atau bingkisan acara yang biasanya membutuhkan pengiriman instan saat itu juga. -
Alat-alat kesehatan dan suplemen
Semua kebutuhan di dunia kesehatan mulai dari alat-alat dan obat-obatan membutuhkan pengiriman yang instan untuk menjaga kualitas dan keamanan produk. Oleh karena itu, jasa pengiriman same day atau next day sangat dibutuhkan oleh bisnis ini. -
Kurir pengiriman
Pengiriman paket, dokumen, atau barang lain untuk kebutuhan bisnis dan individual dengan opsi pengiriman same day, next day, atau yang lainnya.
Setiap industri di atas pasti memiliki tantangan unik tersendiri. Setelah kamu menentukan target pasar mana yang dipilih, maka akan lebih mudah untuk membuat rencana bisnis pengiriman beserta analisis pasar, investasi, dan estimasi ROI (Return of Investment).
Langkah 2: Apa yang kamu butuhkan untuk memulai?
Dengan rencana bisnis pengiriman yang sudah kamu buat, saatnya untuk berinvestasi pada armada, peralatan, dan kebutuhan lain untuk bisnismu.
Berikut investasi yang perlu kamu perhatikan untuk bisnis pengiriman:
-
Armada atau kendaraan bisnis yang tepat
Kamu membutuhkan kendaraan bisnis yang tepat untuk jasa pengiriman yang kamu sediakan. Memilih kendaraan yang tepat krusial untuk efektivitas delivery/pengiriman. Tidak peduli merk kendaraan apa yang dipilih, namun hal yang perlu diperhatikan saat memilih kendaraan untuk pengiriman adalah biaya operasional kendaraan. Sebaiknya pilih kendaraan dengan konsumsi bahan bakar rendah untuk memangkas biaya. -
Pengemudi pengiriman yang handal
Pengemudi mempunyai memainkan peran krusial dalam kesuksesan bisnis delivery/pengiriman. Performa dan perilaku pengemudi juga dapat berpengaruh pada biaya operasional dan kepuasan pelanggan. Pelatihan pengemudi pengiriman yang handal dibutuhkan untuk meningkatkan perilaku pengemudi. Pelatihan pengemudi ini dapat mencegah pengemudi untuk mengebut, mengerem mendadak, hingga melakukan tindakan berbahaya lainnya selama mengemudi. -
Asuransi dan proteksi kendaraan bisnis
Asuransi dapat menjadi penyelamat apabila parcel milik konsumen rusak atau hilang selama pengiriman. Selain itu asuransi juga dapat menjadi penyelamat apabila kendaraan bisnis hilang. Berbagai macam asuransi yang perlu kamu miliki yaitu asuransi barang, asuransi kurir, hingga asuransi kendaraan. -
Teknologi terbaik untuk manajemen pengiriman
Teknologi manajemen pengiriman adalah kunci kesuksesan bisnis pengirimanmu. Kamu perlu menggunakan sistem pelacak GPS dan perangkat lunak pengiriman yang dapat membantu mengawasi dan melacak progres pengiriman. Cartrack Delivery adalah salah satu perangkat lunak pengiriman yang bisa kamu pilih. Cartrack Delivery dapat merencanakan rute terbaik untuk semua pengiriman, automasi proses, memantau pengemudi, hingga membuat laporan-laporan perkembangan bisnis pengiriman.
Memulai bisnis pengiriman bisa dibilang mudah, namun mengembangkannya membutuhkan usaha lebih. Untuk mencapai kesuksesan bisnis pengiriman, kamu perlu mencegah risiko dan tantangan dalam bisnis pengiriman.
Langkah 3: Memahami tantangan terbesar dalam bisnis delivery/pengiriman
Manajemen paket
Membawa paket ke depan pintu pelanggan tampaknya cukup mudah, bukan? Namun tantangan sebenarnya terdapat pada manajemen paket milik pelanggan. Ketika membangun bisnis pengiriman, kita wajib memastikan bahwa pesanan pelanggan diproses dengan benar, sesuai dengan spesifikasi barang dan alamat pengirimannya. Jika kamu atau manajer armada harus menyelesaikan proses ini secara manual, kemungkinan besar akan terjadi kesalahan manajemen paket. Mulai dari salah alamat pengiriman, hingga produk yang tidak sesuai. Pekerjaan pengiriman paket akan menjadi lebih mudah apabila terdapat perutean dan penjadwalan yang memadai dan visibilitas progres pengiriman secara langsung.
Pengiriman tepat waktu
Pengiriman tepat waktu sangat penting untuk kepuasan pelanggan dan nama baik perusahaan. Bisnis pengiriman membutuhkan logistik dan proses operasional yang efisien, karena sebagian besar perusahaan pengiriman yang sukses memprioritaskan pengiriman tepat waktu. Ini adalah cara untuk meningkatkan penjualan karena pelanggan tahu bahwa mereka dapat mempercayai bisnis pengiriman yang tepat waktu. Memastikan pengiriman tepat waktu dapat menjadi tantangan bagi bisnis karena produktivitas pengemudi dan penundaan lainnya secara langsung dapat merugikan penjualan.
Manajemen bahan bakar armada
Bahan bakar kemungkinan besar merupakan biaya operasional terbesar yang akan dihadapi bisnis pengiriman, jadi mengelola biaya bahan bakar armada akan menjadi tantangan besar. Biaya bahan bakar yang tinggi dapat memengaruhi profitabilitas bisnis dan harga layanan yang dapat ditawarkan kepada pelanggan, sehingga semakin sulit bagi kamu untuk menjalankan bisnis yang sukses.
Untuk mencegah kerugian yang tidak diperlukan, kita perlu untuk mengawasi konsumsi bahan bakar dan menghemat penggunaannya. Hal ini dapat dilakukan dengan bantuan sensor bahan bakar dari Cartrack yang 24/7 dapat memantau konsumsi bahan bakar di setiap kendaraan. Selain itu, dengan sensor bahan bakar, kita juga dapat menarik laporan untuk mengetahui kendaraan mana yang berlebihan dalam menggunakan bahan bakar sehingga dapat melakukan evaluasi.
Produktivitas pengemudi dan pengoptimalan tenaga kerja
Produktivitas pengemudi dan staf armada dapat secara langsung memengaruhi penjualan dan profitabilitas bisnis, tetapi bagaimana kamu dapat memastikan mereka produktif dan efisien? Dengan bantuan Delivery App dari Cartrack, kita dapat memantau berapa lama waktu yang diperlukan pengemudi dalam melakukan pengiriman. Sehingga, kita dapat menentukan batasan waktu pengiriman yang dilakukan pengemudi untuk terus meningkatkan produktivitas dan pengoptimalan tenaga kerja.
Kerusakan kendaraan yang tidak direncanakan
Setiap kendaraan mengalami kerusakan, maka kendaraan harus melalui perbaikan saat itu juga. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan produktivitas, kerugian bisnis finansial, menurunkan kepuasan pelanggan, dan bahkan lebih banyak masalah untuk bisnis pengiriman.
Memastikan kepuasan pelanggan
Mendapatkan umpan balik klien dan pelanggan penting untuk bisnis, tetapi metode lama untuk mengirim survei atau mengisi formulir dapat membuat pelanggan enggan memberikan ulasan. Mengetahui bagaimana perasaan pelanggan tentang layanan pengiriman sangat penting untuk meningkatkan kualitas layanan dan meningkatkan pengalaman pelanggan.
Langkah 4: Menggunakan teknologi untuk bisnis delivery atau pengiriman
Perangkat lunak manajemen armada pengiriman adalah strategi untuk mengatasi tantangan bisnis dan memastikan kesuksesan bisnis pengiriman. Cartrack telah merancang perangkat lunak yang sempurna untuk bisnis pengiriman. Cartrack delivery adalah perangkat lunak all-in-one berbasis cloud dan aplikasi seluler untuk mengoptimalkan bisnis pengiriman dan memberdayakan pengemudi.
Berikut fitur dan manfaat Cartrack Delivery yang dapat kamu manfaatkan:
- Proses pengiriman otomatis dan efisien: Sistem Delivery Cartrack dapat memberikan metode pengiriman yang lebih efisien seperti mudah mengunggah informasi pengemudi, dan menetapkan pekerjaan kepada pengemudi yang sesuai. Semua dapat dilakukan melalui Delivery App langsung dalam satu tempat.
- Melacak lokasi real-time pengemudi: Dapatkan visibilitas real-time tentang progres pekerjaan dan lokasi pengemudi, serta lebih mudah mengomunikasikan keterlambatan pengiriman kepada pelanggan. Manajer juga dapat menerima notifikasi tentang ketersediaan driver untuk tugas baru.
- Perencanaan rute dan pengoptimalan rute: Pastikan pengiriman tepat waktu dengan mengatur jadwal pengiriman terlebih dahulu berdasarkan prioritas pekerjaan, ketersediaan pengemudi, dan rute terpendek. Atau, rencanakan pengiriman secara otomatis dengan fitur pengoptimalan rute yang mengatur pekerjaan dalam urutan yang paling logis.
- Komunikasi dua arah: Manajer dan pengemudi dapat menggunakan komunikasi dua arah saat pengiriman, dan pengemudi dapat menerima pemberitahuan instan saat terdapat perubahan rencana pengiriman.
- Notifikasi untuk pelanggan: Pelanggan menerima pemberitahuan otomatis setelah pengemudi dalam perjalanan, dengan tautan untuk melacak progres pengiriman mereka secara langsung dan pemberitahuan saat pengiriman selesai.
Langkah 5: Membangun relasi baik dengan pelanggan
Kesuksesan jangka panjang bisnis bergantung pada pelanggannya. Setelah memiliki pelanggan khusus, saatnya untuk fokus membangun relasi baik dengan pelanggan dengan memberikan pelayanan yang berkualitas.
Inilah cara Cartrack membantu pengembangan bisnis pengiriman yang sukses. Ingin tahu lebih lanjut mengenai produk Cartrack? Silakan klik link berikut!